KONSEP TUMBUH KEMBANG

KONSEP TUMBUH KEMBANG

KONSEP TUMBUH KEMBANG 
DEFINISI 
Pertumbuhan : 
Bertambahnya jumlah dan besarnya sel seluruh tubuh Secara kwantitatif dapat diukur. 
Perkembangan :
Bertambahnya sempurnanya fungsi alat tubuh Dapat dicapai melalui tumbuh kematangan dan belajar.
POLA TUM-BANG PADA BAYI – DWS 
1.Directional trends
  • Chepalocaudal or head to toe
  • Proximal to distal or near to far direction
  • Mass to specifik or simple to complex 
2. Sequental trends 
    Ada urutan / tahapan 
3. Masa sensitif    Kritis : b/ tdk dirangsang >> berikutnya
    Sensitif : M.O yang dpt menyebabkan mslh / kelainan
    Optimal 

 FASE-FASE PADA TUMBUH KEMBANG
Tahap Perkembangan psikosexual ( S.freud )
1. Fase oral ( 0 -1 th )
    M’dapat kepuasan dg m’hisap, menelan,mkn,Memainkan bibir, kenyang, tidur
    B/ tdk dipenuhi : m’gigit, salivasi, marah,menangis.
2. Fase Anal ( 1-3 th )
    Menikmati saat BAK / BAB 
3. Fase phalic ( 3-6 th) 
    Memegang genetalia
    B’tanya genetalia lawan jenis
4. Fase latent ( 6- 12 th )
    Banyak teman
    > Percaya guru 
    Tidak m’dengar orang tua
5. Fase genetalia ( > 12 th )
    Sudah terjadi kematangan alat-alat - reproduksi
Tahap-tahap Perkembangan psikososial ( Ericson ) 
1. Thrust x midthrust ( 0 – 1 th )
    BBL t’gantung dg orla p Rasa aman + percaya lingk adalah k’butuhan
    Kepercayaan muncul b/ hub.antara ibu anak t’penuhi keb.fisik, psiko, sosial scr adekuat.
2. Otonomi x ragu-ragu ( 1-3 th) 
3. Inisiatif x rasa b’salah ( 3-6 th) 
4. Industri x inferioritas ( 6-12 th )
5. Identifikasi x difusi peran ( 12-18 th ) 
Tahap-tahap perkembangan kognitif ( Piaget )
1. Sensori – motorik ( lahir - 2th)
    Anak m’gunakan sistem pengindraan motorik u/ mengenal lingkungan 
2. Pre - operasional ( 2 - 7 th ) 
3. Konkrit operasional ( 7 - 11 th ) 
4. Format operation ( 11 - Dws ) 
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TUMBUH KEMBANG 
I. Keturunan (genetik)
        Ayah 
        Ibu 
        Nenek
        Kakek 
Terutama orangtua ! 
II. Lingkungan (fisikobiopsikososial)
         Nutrisi / gizi 
         Racun/radiasi/Infeksi
         Kebersihan & sanitasi
         Sosial ekonomi 
         Lingkungan pengasuhan 
         Pemberian stimulasi
         Teman, sekolah 
PARAMETER TUMBUH-KEMBANG 
A.Ukuran antropometri 
    Tujuan :  Untuk menentukan apakah tum-bang normal atau tdk, menurut statistik / medik
                   untuk mengikuti pola tertentu yang khas pada tiap anak
Terdiri dari ….. 
 * BB (berat badan) 
* TB (tinggi badan) 
 * LK (lingkar kepala)
 * LLA
 * LD
Semua ukuran diatas t’gantung umur (age dependen) 
1.Berat badan ( BB )
Ukuran antropometrik yg t’penting u/semua klpk umur
Hasil dpt meningkat/menurun jr pada tubuh ( tl,otot,lemak,& cairan )
Indikator gizi & tum-bang anak
Fluktuasi akibat intake / out put dpt terjadi antara 100-200 gr s.d 500-1000gr
Manfaat diklinik
   Obs kead kes tx penyakit
   Menilai kead.gizi (akut/kronis)
   Dasar perhitungan dosis obat/ makanan.
2.Tinggi badan ( TB )
Antropometrik ke-2 yang terpenting 
Meningkat pd bayi & melambat pd remaja
Melambat & b’henti pd umur 18-20 th
Tl2 extrimitas b’henti ber+ panj
Ruas2 vertebrae b’henti s.d umur 30 th.
Keuntungan :
     Pengukuran obyektif 
     Alat dpt dibuat sendiri
     Mrpkan indikator kesejahteraan
Kerugian :
     Perub.TB relatif pelan
     Sukar m’ukur TB yang tepat 
3.Lingkar kepala ( LK )
   M’cerminkan vol intracranial
   Untuk mengetahui p’tumb otak 
    * LK < N ( microsefali ) 
    * LK > N ( hidrosefalus )
   Lingkar kepala yg kecil :
       Genetik
       Bayi kecil 
       Craniostenosis
       RM
  Lingkar kepala yang besar : 
    * Mega ensefali 
    * Bayi besar 
    * Tumor cerebri 
    * Genetik
    * Hidroensefalus
    * Efusi subdural
  P’tumbuhan LK pesat
   * 6 bl pertama 34-44 cm
   * 1th : 47 cm
   * 2th : 49 cm
   * Dws : 54 cm 
4.Lingkar lengan atas ( LLA )
   Mencerminkan tum-bang jr.lemak + otot
   Untuk menilai kecukupan gizi
   11 cm saat lahir s.d 16 cm (1th)
   Tebalnya lipatan kulit pd trisep & sub.scapula reflexi tum-bang jr.lemak kecukupan energi 
 B. KMS ( Road to health chart )
      Alat penting u/ m’observasi tum-bang anak § Dilengkapi bbrp atribut HE + catatan u/diperhatikan ortu + petugas t.d :
* Imunisasi
* Riwayat pre-natal 
* Asi
Memungkinkan pertumbuhan anak dpt di amati
bl
Interpretasi : 
A B C D 
A : Pertumbuhan anak baik 
B : Pertumbuhan baik, tp perlu perhatian 
C : Pertumbuhan perlu tindakan segera
D : Pujian ortu : b’hasil baik BB anak ke normal.
Kegiatan 
S/kegiatan p’ukuran p’tumbuhan anak yg t’atur, dicatat, diinterpretasikan dpt m’beri HE
Dicapai mll 4 elemen kunci : 
☻Strategi preventif 
☻Strategi merubah lingkungan 
☻B’hub dg lingk menyeluruh 
☻Ibu / masy t’libat dlm usaha tum-bang anak
 C. Denver Development Screaning Test (DDST)
      Digunakan u/ BBL – 6 th 
      Dilakukan dg m’kaji tl anak apa sesuai dg tum-bangnya
      M’perkuat kecurigaan pd anak yg mpy mslh2x khusus 
      Memonitor anak yg b’resiko thd msh perkembangan
      M’bandingkan TL anak 1 dg yg lain sm umur 
      Denver II memuat 125 tugas p’kembangan atau item yg dibagi dlm 4 sektor : 
      1. Personal sosial 
          • Perhatian tertuju pada keb personalnya.
      2. Fine motor adaptive 
          • Koordinasi mata & tangan 
          • Manipulasi benda2x kecil 
          • Pemecahan masalah 
      3. Bahasa
          • M’dengar 
          • Mengerti
          • M’gunakan bahasa 
 4. Gross motor • Duduk, Berjalan • Melompat, pergerakan alat2 besar. Alat-alat yang diperlukan u Benang merah u Kismis u Mainan yang b’bunyi u Balok kayu u Botol kecil u Bel, meja, kursi u Bola tenis u Pensil warna u Cangkir plastik u Kertas kosong Bentuk Test u Setiap item diwakilkan dg s/ grafik batang yg mpy skala : 25% 50% 75% 90% u Ex : anak yang dpt b’jln Cara penilaian DDST 1.Tentukan nama, tgl lahir, tgl test u/ menentukan umur anak Ex : th bl hr Tgl test 90 7 15 Tgl lahir 88 3 10 umur anak 2 4 5 2. Th Bl Hr Tgl test 90 7 15 Tgl lahir 88 10 28 umur anak 1 8 17 Bgm dg anak prematur ? u Apakah lahirnya < 2 mg dr TP nya ? u Apakah anak umurnya < 2th ? u Cara : 1. Tentukan umur anak lalu di - dg jml mg prematurnya 6 mg sblm TP u Th Bl Hr Tgl test 90 8 20 Tgl lahir 90 6 1 Umur 2 19 6 mg prematur 1 14 Umur anak 1 5 2. Tarik garis sesuai umur dr atas ke bwh interpretasi dr test t’gantung dr kebenaran penempatan garis umur. 3. Lakukan penilaian dr masing2x item 4. Jml dr item yg diberikan t’gantung pd : a. waktu yg disediakan u/ test b. Tujuan : 1). M’identifikasi keterlambatan perkemb ..? 2). M’kaji batas kemamp.anak u Jika 1 1.Pd msng2x sektor nilai kemamp anak paling sedikit 3 item disblh kiri grs umur & setiap item yg t’lewati grs umur 2.Jika pd thp 1 tdk dilakukan,lanjutkanpenilaian pd item disblh kiri garis umur pd sektor yg sama sampai anak dpt mll 3 item u Jika 2 1. Sama no.1 2. Lanjutkan p’nilaian pd item disblh kanan Grs umur – 3 item gagal dilakukan 3. Lakukan skoring pd item : a. “P” u/ pass Anak sukses melalukan item tsb/care Giver melaporkan bahwa anak dpt melakukan item tsb b. “F” u/ fail § Anak tdk melakukan item tsb / caregiver melaporkan bahwa anak tdk dpt melakukan item tsb. c. “NO” untuk no opportunity § Anak tdk mpy kesempatan u/ melakukan item tsb hanya bisa dilakukan pd item yg b’tuliskan “R” d. “R” untuk refusal § Anak menolak u/ mencoba item tsb § “ R” m’indikasikan bahwa item diatas dpt dilalui dg laporan yg diberikan “care giver” § Caution & delayed digunakan untuk m’interpretasikan semua test § Interpretasi dr test : a. Normal . Tdk ada delayed & max dari 1 caution . Tl baik pd saat dilakukan rescrening b. Suspect § 2 / > caution atau dan 1 atau > delay § Rescreen dlm 2mg u/ mengesampingkan faktor2x yg m’pengaruhi § Contoh : lemah, sakit, takut c. Untestable § 1/> score refusal ada pd sblh kiri garis umur / > 1 pada daerah 75 – 90% o Rescreen 1-2 mg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar