KONSEP TUMBUH KEMBANG
KONSEP TUMBUH KEMBANG
DEFINISI
Pertumbuhan :
Bertambahnya jumlah dan besarnya sel seluruh tubuh Secara kwantitatif dapat diukur.
Perkembangan :
Bertambahnya sempurnanya fungsi alat tubuh Dapat dicapai melalui tumbuh kematangan dan belajar.
POLA TUM-BANG PADA BAYI – DWS
1.Directional trends
- Chepalocaudal or head to toe
- Proximal to distal or near to far direction
- Mass to specifik or simple to complex
Ada urutan / tahapan
3. Masa sensitif Kritis : b/ tdk dirangsang >> berikutnya
Sensitif : M.O yang dpt menyebabkan mslh / kelainan
Optimal
FASE-FASE PADA TUMBUH KEMBANG
Tahap Perkembangan psikosexual
( S.freud )
1. Fase oral ( 0 -1 th )
M’dapat kepuasan dg m’hisap, menelan,mkn,Memainkan bibir, kenyang, tidur
B/ tdk dipenuhi : m’gigit, salivasi, marah,menangis.
2. Fase Anal ( 1-3 th )
Menikmati saat BAK / BAB
3. Fase phalic ( 3-6 th)
Memegang genetalia
B’tanya genetalia lawan jenis
4. Fase latent ( 6- 12 th )
Banyak teman
> Percaya guru
Tidak m’dengar orang tua
5. Fase genetalia ( > 12 th )
Sudah terjadi kematangan alat-alat
- reproduksi
Tahap-tahap Perkembangan psikososial
( Ericson )
1. Thrust x midthrust ( 0 – 1 th )
BBL t’gantung dg orla
p Rasa aman + percaya lingk adalah k’butuhan
Kepercayaan muncul b/ hub.antara ibu anak t’penuhi keb.fisik, psiko, sosial scr adekuat.
2. Otonomi x ragu-ragu ( 1-3 th)
3. Inisiatif x rasa b’salah ( 3-6 th)
4. Industri x inferioritas ( 6-12 th )
5. Identifikasi x difusi peran ( 12-18 th )
Tahap-tahap perkembangan kognitif
( Piaget )
1. Sensori – motorik ( lahir - 2th)
Anak m’gunakan sistem pengindraan
motorik u/ mengenal lingkungan
2. Pre - operasional ( 2 - 7 th )
3. Konkrit operasional ( 7 - 11 th )
4. Format operation ( 11 - Dws )
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TUMBUH KEMBANG
I. Keturunan (genetik)
Ayah
Ibu
Nenek
Kakek
Terutama orangtua !
II. Lingkungan (fisikobiopsikososial)
Nutrisi / gizi
Racun/radiasi/Infeksi
Kebersihan & sanitasi
Sosial ekonomi
Lingkungan pengasuhan
Pemberian stimulasi
Teman, sekolah
PARAMETER TUMBUH-KEMBANG
A.Ukuran antropometri
Tujuan :
Untuk menentukan apakah tum-bang normal atau tdk, menurut statistik / medik
untuk mengikuti pola tertentu yang khas pada tiap anak
Terdiri dari …..
* BB (berat badan)
* TB (tinggi badan)
* LK (lingkar kepala)
* LLA
* LD
Semua ukuran diatas t’gantung umur (age dependen)
1.Berat badan ( BB )
Ukuran antropometrik yg t’penting u/semua klpk umur
Hasil dpt meningkat/menurun jr pada tubuh ( tl,otot,lemak,& cairan )
Indikator gizi & tum-bang anak
Fluktuasi akibat intake / out put dpt terjadi antara 100-200 gr s.d 500-1000gr
Manfaat diklinik
Obs kead kes tx penyakit
Menilai kead.gizi (akut/kronis)
Dasar perhitungan dosis obat/ makanan.
2.Tinggi badan ( TB )
Antropometrik ke-2 yang terpenting
Meningkat pd bayi & melambat pd remaja
Melambat & b’henti pd umur
18-20 th
Tl2 extrimitas b’henti ber+ panj
Ruas2 vertebrae b’henti s.d umur 30 th.
Keuntungan :
Pengukuran obyektif
Alat dpt dibuat sendiri
Mrpkan indikator kesejahteraan
Kerugian :
Perub.TB relatif pelan
Sukar m’ukur TB yang tepat
3.Lingkar kepala ( LK )
M’cerminkan vol intracranial
Untuk mengetahui p’tumb otak
* LK < N ( microsefali )
* LK > N ( hidrosefalus )
Lingkar kepala yg kecil :
Genetik
Bayi kecil
Craniostenosis
RM
Lingkar kepala yang besar :
* Mega ensefali
* Bayi besar
* Tumor cerebri
* Genetik
* Hidroensefalus
* Efusi subdural
P’tumbuhan LK pesat
* 6 bl pertama 34-44 cm
* 1th : 47 cm
* 2th : 49 cm
* Dws : 54 cm
4.Lingkar lengan atas ( LLA )
Mencerminkan tum-bang jr.lemak + otot
Untuk menilai kecukupan gizi
11 cm saat lahir s.d 16 cm (1th)
Tebalnya lipatan kulit pd trisep & sub.scapula reflexi tum-bang jr.lemak kecukupan energi
B. KMS ( Road to health chart )
Alat penting u/ m’observasi tum-bang anak
§ Dilengkapi bbrp atribut HE + catatan u/diperhatikan ortu + petugas t.d :
* Imunisasi
* Riwayat pre-natal
* Asi
Memungkinkan pertumbuhan anak dpt di amati
bl
Interpretasi :
A B C D
A : Pertumbuhan anak baik
B : Pertumbuhan baik, tp perlu
perhatian
C : Pertumbuhan perlu tindakan
segera
D : Pujian ortu : b’hasil baik BB anak ke normal.
Kegiatan
S/kegiatan p’ukuran p’tumbuhan anak yg t’atur, dicatat, diinterpretasikan dpt m’beri HE
Dicapai mll 4 elemen kunci :
☻Strategi preventif
☻Strategi merubah lingkungan
☻B’hub dg lingk menyeluruh
☻Ibu / masy t’libat dlm usaha
tum-bang anak
C. Denver Development Screaning Test (DDST)
Digunakan u/ BBL – 6 th
Dilakukan dg m’kaji tl anak apa sesuai dg tum-bangnya
M’perkuat kecurigaan pd anak yg mpy mslh2x khusus
Memonitor anak yg b’resiko thd msh perkembangan
M’bandingkan TL anak 1 dg yg lain sm umur
Denver II memuat 125 tugas p’kembangan atau item yg dibagi dlm 4 sektor :
1. Personal sosial
• Perhatian tertuju pada keb personalnya.
2. Fine motor adaptive
• Koordinasi mata & tangan
• Manipulasi benda2x kecil
• Pemecahan masalah
3. Bahasa
• M’dengar
• Mengerti
• M’gunakan bahasa
4. Gross motor
• Duduk, Berjalan
• Melompat, pergerakan alat2 besar.
Alat-alat yang diperlukan
u Benang merah
u Kismis
u Mainan yang b’bunyi
u Balok kayu
u Botol kecil
u Bel, meja, kursi
u Bola tenis
u Pensil warna
u Cangkir plastik
u Kertas kosong
Bentuk Test
u Setiap item diwakilkan dg s/ grafik batang yg mpy skala : 25% 50% 75% 90%
u Ex : anak yang dpt b’jln
Cara penilaian DDST
1.Tentukan nama, tgl lahir, tgl test u/
menentukan umur anak
Ex : th bl hr
Tgl test 90 7 15
Tgl lahir 88 3 10
umur anak 2 4 5
2. Th Bl Hr
Tgl test 90 7 15
Tgl lahir 88 10 28
umur anak 1 8 17
Bgm dg anak prematur ?
u Apakah lahirnya < 2 mg dr TP nya ?
u Apakah anak umurnya < 2th ?
u Cara :
1. Tentukan umur anak lalu di -
dg jml mg prematurnya 6 mg
sblm TP
u Th Bl Hr
Tgl test 90 8 20
Tgl lahir 90 6 1
Umur 2 19
6 mg prematur 1 14
Umur anak 1 5
2. Tarik garis sesuai umur dr atas ke bwh
interpretasi dr test t’gantung dr kebenaran
penempatan garis umur.
3. Lakukan penilaian dr masing2x item
4. Jml dr item yg diberikan t’gantung pd :
a. waktu yg disediakan u/ test
b. Tujuan :
1). M’identifikasi keterlambatan
perkemb ..?
2). M’kaji batas kemamp.anak
u Jika 1
1.Pd msng2x sektor nilai kemamp anak paling sedikit 3 item disblh kiri grs umur & setiap item yg t’lewati grs umur
2.Jika pd thp 1 tdk dilakukan,lanjutkanpenilaian pd item disblh kiri garis umur pd sektor yg sama sampai anak dpt mll 3 item
u Jika 2
1. Sama no.1
2. Lanjutkan p’nilaian pd item disblh kanan Grs umur – 3 item gagal dilakukan
3. Lakukan skoring pd item :
a. “P” u/ pass
Anak sukses melalukan item tsb/care
Giver melaporkan bahwa anak dpt melakukan item tsb
b. “F” u/ fail
§ Anak tdk melakukan item tsb / caregiver melaporkan bahwa anak tdk dpt melakukan item tsb.
c. “NO” untuk no opportunity
§ Anak tdk mpy kesempatan u/ melakukan item tsb hanya bisa dilakukan pd item yg b’tuliskan “R”
d. “R” untuk refusal
§ Anak menolak u/ mencoba item tsb
§ “ R” m’indikasikan bahwa item diatas dpt dilalui dg laporan yg diberikan “care giver”
§ Caution & delayed digunakan untuk m’interpretasikan semua test
§ Interpretasi dr test :
a. Normal
. Tdk ada delayed & max dari 1
caution
. Tl baik pd saat dilakukan
rescrening
b. Suspect
§ 2 / > caution atau dan 1 atau > delay
§ Rescreen dlm 2mg u/ mengesampingkan faktor2x yg m’pengaruhi
§ Contoh : lemah, sakit, takut
c. Untestable
§ 1/> score refusal ada pd sblh kiri garis umur / > 1 pada daerah
75 – 90%
o Rescreen 1-2 mg
Tidak ada komentar:
Posting Komentar